Menentang Peradaban: Pelarangan Buku di Indonesia
Menentang Peradaban: Pelarangan Buku di Indonesia

Menentang Peradaban: Pelarangan Buku di Indonesia

Minggu, 25 Jul 1999

Menentang Peradaban: Pelarangan Buku di Indonesia Penulis: Jaringan Kerja Budaya Desain Cover: P. Budi S (Rumah Condet) Tata Letak: Bonk Cetakan pertama, Juli 1999 Penerbit: Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)

Pelarangan hasil karya telah memiliki sejarah yang cukup panjang dalam peta perpolitikan Indonesia. Oleh karena itu ELSAM mencoba melakukan studi yang berfokus mengulas dan mengkaji bagaimana proses pelarangan itu bisa terjadi dan apa dampaknya terhadap kehidupan kultural masyarakat Indonesia, terutama penghargaan terhadap hak asasi manusia. Lebih jauh buku ini mengulas mengapa pelarangan-pelarangan peredaran buku terus terjadi di republik ini tanpa ada kekuatan yang bisa menentangnya. Dalam buku ini juga diperlihatkan pertautan antara produk-produk hukum dan lembaga-lembaga hukum dengan sistem kontrol yang dijalankan oleh rezim untuk mempertahankan dominasi atas masyarakat. Jalinan kuasa antara lembaga, produk hukum, dan rezim itulah yang menghadirkan rezim pelarangan dengan pembenaran "ketertiban umum" dan atau "keselamatan negara". Di sini kita melihat bahwa hukum sebagai produk dari jalinan kekuasaan tidak penah berwatak netral, melainkan selalu berwatak dominasi dalam mengatur hubungan negara dan masyarakat. Untuk membaca buku ini, silakan klik unduh

A R T I K E L T E R K A I T

Rabu, 12 Apr 2023
A Preliminary Mapping of Arrangements and Accountability Models, and Recommendations for Development
Selasa, 16 Mar 2021
Penelitian ini memotret peralihan corak hidup masyarakat di tiga wilayah di Papua yang kini bergantung pada hubungan kerja-upahan di perkebunan sawit.
+