Tentang Masa Lalu

AS4509-2016Tentang Masa Lalu

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Indriaswati Dyah Saptaningrum

Redaktur Pelaksana: Widiyanto

Dewan Redaksi: Widiyanto, Indriaswati Dyah Saptaningrum, Otto Adi Yulianto

Redaktur: Ikhana Indah, Betty Yolanda, Indriaswati DS, Otto Adi Yulianto, Triana Dyah, Wahyu Wagiman, Wahyudi Djafar, Andi Muttaqien, Ester Rini Pratsnawati, Paijo

Sekretaris Redaksi: Triana Dyah

Sirkulasi/Distribusi: Khumaedy

Desain & Tata Letak: alang-alang

Penerbit: Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)

Sebuah Jerat bernama Masa Lalu. Mudah-mudahan membanjirnya ingatan masa lalu itu bisa membangunkan publik dari amnesia akut akan keniscayaan penataan ulang dan konsolidasi demokrasi tanpa menghadapi masa lalu.

Mencari Celah Penyelesaian Masa Lalu: Mendorong Pembentukan Kembali UU Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. Tidak terbukanya katup masa lalu, akan berakibat pada langgengnya segregasi sosial di masyarakat, sebagai akibat stigmatisasi warisan rezim otoriter. Jika dibiarkan, situasi ini bisa menjadi bom waktu, yang setiap saat bisa meletupkan konflik horisontal, dan bukan tidak mungkin, menghadirkan peristiwa yang lebih buruk dari masa lalu.

Suara Korban yang tak Tertahankan Propaganda hitam (black propaganda) Angkatan Darat – kemudian Rezim Orde Baru – telah memutar balik peran mereka dalam catatan sejarah. Dari pahlawan, oleh militer Orde Baru, mereka diposisikan sebagai pengkhianat bangsa.

Untuk membaca lebih lanjut, silahkan unduh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *