Pelatihan Antisipasi Serangan Digital
Ilustrasi Keamanan Digital

Pelatihan Antisipasi Serangan Digital

Jumat, 11 Feb 2022

ELSAM, JAKARTA--Lembaga Studi dan Advokasi (ELSAM) dengan dukungan dari Engage Media menggelar pelatihan keamanan digital. Pelatihan digelar secara daring selama dua hari, yaitu mulai Rabu 9 Februari 2022 hingga Kamis 10 Februari 2022 lalu. Pelatihan keamanan digital diikuti oleh para aktivis, jurnalis, pemimpin komunitas, dan kelompok pembela HAM lain yang rentan mengalami serangan digital.

Penyelenggaraan pelatihan dilatarbelakangi oleh fenomena makin maraknya serangan digital yang dialami aktivis. Melalui pelatihan ini para pejuang HAM yang bergerak dalam berbagai isu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka mengenai keamanan digital. Sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan ini.

Mereka terdiri dari para pembela HAM yang bergerak di berbagai isu, seperti korupsi, masyarakat adat,  lingkungan dan agraria, kebebasan sipil dan politik, kebebasan pers, lembaga bantuan hukum, kesetaraan gender, jurnalis, dan kelompok mahasiswa. Peserta pelatihan dari lembaga anti-korupsi diwakili oleh Pusat Kajian Anti-korupsi Universitas Gajah Mada (PUKAT UGM). 

Sementara dari lembaga yang bergerak di isu masyarakat adat diwakili oleh JPIC Kalimantan. Peserta pelatihan dari lembaga yang bergerak di isu lingkungan dan agraria terdiri dari Celebes Bergerak, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Palangkaraya Ecological and Human Rights Studies (PROGRESS) dan Jaringan Advokasi Tambang (JATAM). Selain itu, pelatihan juga dihadiri perwakilan dari Setara Institute dan KontraS Aceh, LBH Jakarta, AJI Bandar Lampung, Mongabai Indonesia dan LBH Pers. Pelatihan digital diberikan oleh dua orang ahli keamanan digital dari Digital Defenders Partnership (DDP).

Beberapa topik keamanan digital dasar yang diberikan dalam pelatihan tersebut di antaranya adalah mengenai cara kerja internet, keamanan menggunakan peramban, dan mengelola identitas di internet. Di masing-masing sesi, pemateri juga memberikan tips-tips menjaga kemanan perangkat dan aku media sosial.

Pelatihan diakhiri dengan sesi sharing di antara peserta. Dalam sesi ini para peserta yang berasal dari organisasi, wilayah, dan isu advokasi yang berbeda membagi pengalaman mereka terkait keamanan digital dan apa yang akan mereka lakukan pascapelatihan. Dari sesi ini diketahui bahwa umumnya mereka tidak memiliki standar keamanan digital dan masih belum serius mengantisipasi serangan digital. Untuk menindaklanjuti situasi tersebut peserta sepakat terus bekerja sama membenahi sistem keamanan baik di lembaga maupun dalam aktivitas masing-masing.    

Sueb

A R T I K E L T E R K A I T

Selasa, 10 Agt 2021
Penguatan infrastruktur keamanan siber menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi Indonesia, di tengah fenomena transformasi digital yang mendorong banyak sektor untuk memanfaatkan internet secara masif.
Rabu, 3 Agt 2022
Pasar tenaga kerja ekonomi gig dalam jasa transportasi online terus berkembang dan disebut akan menjadi ekonomi masa depan.
+