Yurino Juwanda
Staf Inovasi Pengetahuan

Yurino Juwanda atau akrab dipanggil Ari saat ini bertanggung jawab sebagai Staf Inovasi Pengetahuan.

 

Sarjana Psikologi dari UPI YAI dan Sarjana Ilmu Pemerintahan dari Universtas Terbuka ini banyak memfasiltasi pelatihan yang diadakan oleh ELSAM serta memproduksi berbagai modul pelatihan. Selain untuk ELSAM, Ari kerap membantu penyusunan modul dan memfasilitasi pelatihan HAM yang gelar organisasi jaringan ELSAM dan lembaga negara atau kementerian.

 

Sebelum bergabung di ELSAM Ari tergabung dalam sejumlah organisasi masyarakat lain seperi Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI) (staf advokasi dan kampanye) dan KontraS Aceh (Wakil Koordinator bidang Investigasi dan Advokasi). Ari juga pernah menjadi Focal Point Indonesia untuk Asian Federation Against Involuntary Disappearances (AFAD) dan peneliti di Institut Kajian Krisis & Strategi Pembangunan Alternatif (InKrispena).

 

Ari banyak mengikuti pelatihan dan workshop di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya adalah Workshop of Psychosocial Service for Human Rights Victims in Asia (2009) di Philipina, Diplomacy Training Program di Timor Leste (2017), workshop Human Rights Defender di Eropa (Belgium, Netherlands and Swiss) (2018) dan workshop Environmental Defenders: How to defend and safeguard their work di Amsterdam (2019), dan pelatihan Academy for Conflict Transformation yang diadakan secara daring oleh forumZFD (2020).