Wahyudi Djafar
Direktur Eksekutif
Wahyudi Djafar adalah Direktur Eksekutif ELSAM Periode 2021-2025. Sebelumnya dia mengemban tugas sebagai Deputi Direktur Riset ELSAM dari periode 2014-2020. Wahyudi memfokuskan diri pada topik teknologi digital dan hak asasi manusia, serta reformasi sektor keamanan.

Dalam sepuluh tahun terakhir, dia aktif melakukan berbagai studi dan advokasi kebijakan terkait dengan perlindungan data pribadi, tata kelola internet, hak-hak digital, pengembangan kebijakan konten internet, keamanan siber, dan respon kebijakan terhadap inovasi teknologi digital.

Sebelum bergabung dengan ELSAM, Wahyudi pernah menjadi Peneliti di Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN), serta Peneliti pada Center for Democracy and Human Rights Studies (Demos). Selain itu, ia juga banyak menjadi konsultan penelitian dan kebijakan pada sejumlah kementerian/lembaga dan berbagai organisasi non-pemerintah.

Saat ini dia juga tercatat sebagai salah satu Badan Pengurus pada Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Dewan Pengawas pada Centra Initiatives, dan anggota pada Indonesia Cyber Security Forum (ICSF).

Pendidikan formal ditempuhnya pada Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, dan pasca-sarjana Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia. Berbagai kursus terkait dengan HAM, teknologi, dan keamanan pernah diikutinya, seperti International Military Course on the Law of Armed Conflict, IIHL, 2014; Human Rights Tools Box for Practising Lawyer, RWI-MSA, 2014; dan Executive Program pada Lee Kuan Yew (LKY) School of Public Policy, National University of Singapore (NUS), 2019.

Wahyudi juga merupakan alumni dari International Visitor Leadership Program (IVLP) US Department of State, 2015, serta aktif dalam berbagai pertemuan dan konferensi internasional terkait dengan internet, teknologi, keamanan, dan hak asasi manusia.

Publikasinya dapat dijumpai dalam beberapa jurnal ilmiah dan media massa, seperti Kompas, The Jakarta Post, dan Bisnis Indonesia. Tulisan-tulisan Wahyudi Djafar selengkapnya dapat dikunjungi di http://wahyudidjafar.id.