Sekar Banjaran Aji
Staf Advokasi Hukum

Sekar Banjaran Aji menyelesaikan S1 di bidang Hukum Lingkungan di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada pada 2016.

Dengan latar belakang sebagai sebagai pemantau Pengadilan Tipikor Surabaya dalam kegiatan Tipikor Court Monitoring yang diselengarakan Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) UGM dan KKN PPM UGM 2015. Sekar bergabung sebagai Peneliti Junior di ELSAM di tahun 2016, dengan tugas utama untuk melakukan pemantauan dan analisis putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Sekar merupakan salah satu alumni Diplomacy Training Program on “Indigenous Peoples, Human Rights and Partnership for Sustainable Development” yang sekarang fokus melakukan advokasi berbasis riset dalam kerangka Bisnis dan Hak Asasi Manusia. Selain itu Sekar juga merupakan salah satu pengacara publik ELSAM yang aktif memberikan pelayanan hukum bagi kelompok rentan (perempuan, anak, masyarakat adat serta kelompok marjinal lainnya) yang terdampak kegiatan korporasi.

Sekar percaya bahwa selain negara, korporasi  adalah aktor yang perlu terus dirangkul untuk mengormati hak asasi manusia serta menjaga lingkungan hidup demi keberlanjutan. Oleh karena itu, selain mekanisme pengadilan berbasis negara masih ada mekanisme pengaduan non negara yang harus terus diuji manfaatnya untuk memulihkan hak-hak masyarakat yang terampas.