Ferri Dwi Agustina

Ferri Agustina saat ini adalah sekretaris di ELSAM, yang mengurus administrasi dan korespondensi lembaga dengan pihak luar. Dia menyelesaikan studi Sastra Inggris di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun 2014. Sebelum bergabung dengan ELSAM, dia mengajar bahasa Inggris untuk tingkat SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa. Selain itu, dia juga seorang freelancer penerjemah untuk kalangan dosen baik dari UNY maupun universitas lainnya.

Ninna Kusumastuti

Ninna atau biasa dipanggil Anya, lahir di Jakarta pada tahun 1990. Memiliki kecintaan pada musik, traveling, dan kuliner. Lulusan dari Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah ini, adalah salah satu staf keuangan di ELSAM. Sehari-hari Ninna bertanggungjawab untuk mengelola proses keuangan di ELSAM, bersama staf keuangan lainnya, khususnya yang terkait dengan pelaksanaan program-program ELSAM. Awal memulai karir, bekerja sebagai staf keuangan di CTLD UIN Jakarta selama 3,5 tahun lamanya pada tahun 2012-2015. Di CTLD UIN Jakarta fokus pada program Block Grant AEPI-SSQ selama 2 fase. Bertanggung jawab pada pembuatan anggaran, perpajakan hingga implementasi program, serta pengawasan terhadap 121 madrasah yang menerima dana hibah. Setelah itu bergabung pada […]

Astriana N. Siahaan

Astri Siahaan merupakan salah satu akuntan di ELSAM, yang turut bertanggungjawab dalam pencatatan pembukuan keuangan ELSAM. Lulusan jurusan Akuntansi Universitas Advent Indonesia ini bergabung di ELSAM sejak November 2014. Sebelumnya dia pernah bekerja di sebuah perusahaan jasa finansial.

Marisa Ayuningtyas

Marisa Ayuningtyas sehari-hari menyibukkan diri dengan buku, dokumen, dan data. Lulusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro ini selalu tanggap dalam menyediakan buku dan bahan lain untuk keperluan penelitian atau sekedar melayani pertanyaan ringan seperti ketersediaan buku tertentu di perpustakaan ELSAM. Icha, demikian sehari-hari dia disapa, saat ini sedang mengembangkan dan meningkatkan kualitas dokumentasi dan data tentang berbagai kasus hak asasi manusia. Kemampuannya dalam manajemen perpustakaan dan mengolah database dalam bentuk arsip fisik dan digital sudah tidak diragukan lagi.

Yurino Juwanda

Yurino Juwanda atau akrab dipanggil Ari saat ini bertanggung jawab sebagai Staf Inovasi Pengetahuan.   Sarjana Psikologi dari UPI YAI dan Sarjana Ilmu Pemerintahan dari Universtas Terbuka ini banyak memfasiltasi pelatihan yang diadakan oleh ELSAM serta memproduksi berbagai modul pelatihan. Selain untuk ELSAM, Ari kerap membantu penyusunan modul dan memfasilitasi pelatihan HAM yang gelar organisasi jaringan ELSAM dan lembaga negara atau kementerian.   Sebelum bergabung di ELSAM Ari tergabung dalam sejumlah organisasi masyarakat lain seperi Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI) (staf advokasi dan kampanye) dan KontraS Aceh (Wakil Koordinator bidang Investigasi dan Advokasi). Ari juga pernah menjadi Focal Point Indonesia untuk Asian Federation Against Involuntary Disappearances (AFAD) dan peneliti […]

Dodi Sanjaya

Dodi Sanjaya saat ini adalah Staf Multimedia ELSAM yang bertanggung jawab terhadap update konten website dan produk Multimedia ELSAM. Dodi merupakan lulusan Muharram Journalism College (MJC) jurusan televisi tahun 2010. Sebelumnya ia juga sempat kuliah selama enam semester di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Namun pada 2005 paska Bencana Gempa dan Tsunami Aceh dodi berhenti dari kuliahnya dan kemudian bergabung bersama Yayasan Pulih area Aceh, usai di Yayasan Pulih dodi kemudian melanjutkan aktifitasnya di Care Internasional, Kontras Aceh, AJAR dan Children Media Centre. Di dalam lembaga-lembaga tersebut, sebagian besar aktivitasnya terkait erat dengan multimedia dan pendokumentasian. Laki-laki penyuka dunia fotografi ini juga merupakan pendiri komunitas Photo Handphone Indonesia, […]

Villarian Burhan

Villarian Burhan atau akrab disapa Juple saat ini bertanggung jawab sebagai staf advokasi. Sebagian besar waktu Juple di ELSAM dihabiskan untuk menekuni isu keamanan di Papua dan keadaan hak asasi manusia di sana. Sebelum di ELSAM lulusan FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini pernah bergabung dengan lembaga yang bergerak di isu perempuan, Solidaritas Perempuan dan terlibat di bebeberapa projek penelitian salah satunya Indeks Media Inklusif bersama Remotivi. Semasa kuliah Juple aktif dalam beberapa organisasi dan gemar berdiskusi di sejumlah forum, antara lain di Lingkar Studi Tangerang Selatan (Lintas) yang berfokus pada kajian ekonomi politik.

Putri Nidyaningsih

Putri Nidyaningsih meraih gelar Sarjana Kehutanan dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebelum bergabung dengan ELSAM Putri pernah terlibat dalam kegiatan pendampingan masyarakat, memfasilitasi berbagai dialog dan kegiatan pengembangan kapasitas bagi pengelola kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloops, Papua. Putri saat ini tergabung dalam di Unit advokasi ELSAM. Di unit ini Putri terlibat dalam advokasi isu bisnis dan hak asasi manusia. Beberapa program yang dia jalani antara lain program kerja sama ELSAM dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan penelitian hak asasi manusia dalam sektor bisnis pariwisata di Indonesia.

Vita Rachim Yudhani

Vita merupakan lulusan Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial Universitas Indonesia. Menekuni isu HAM, pembangunan sosial, dan kesetaraan gender sejak di bangku kuliah, Vita beberapa kali terlibat dalam penelitian dengan menjadi Asisten Peneliti, dua di antaranya dapat dilihat dalam  “The Gendered Everyday Political Economy of Kampung Eviction and Resettlement” oleh Center for Election and Political Party FISIP UI dan Warwick University (Institusional Link Project, 2016) dan “Human Trafficking Crime Analysis in Three Provinces in Indonesia: West Java, West Kalimantan, and East Nusa Tenggara (Riset Unggulan Universitas Indonesia, 2017). Saat ini Vita terlibat dalam program advokasi kebijakan terkait bisnis dan HAM, program kerja sama ELSAM dengan Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Sekar Banjaran Aji

Sekar Banjaran Aji menyelesaikan S1 di bidang Hukum Lingkungan di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada pada 2016. Dengan latar belakang sebagai sebagai pemantau Pengadilan Tipikor Surabaya dalam kegiatan Tipikor Court Monitoring yang diselengarakan Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) UGM dan KKN PPM UGM 2015. Sekar bergabung sebagai Peneliti Junior di ELSAM di tahun 2016, dengan tugas utama untuk melakukan pemantauan dan analisis putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Sekar merupakan salah satu alumni Diplomacy Training Program on “Indigenous Peoples, Human Rights and Partnership for Sustainable Development” yang sekarang fokus melakukan advokasi berbasis riset dalam kerangka Bisnis dan Hak Asasi Manusia. Selain itu Sekar juga merupakan salah satu pengacara publik ELSAM yang […]