Surat Terbuka untuk Facebook dan Google

Kepada Yang Terhormat Bapak Zuckerberg and Bapak Pichai,

Dalam beberapa tahun terakhir, Anda telah mempelopori alat transparansi penting untuk membantu pengguna platform Anda memahami, mempelajari, dan mengkontekstualisasikan iklan politik yang mereka lihat. Kami setuju bahwa proses verifikasi pengiklan dan penyimpanan iklan adalah pengamanan utama terhadap manipulasi dan misinformasi online. Namun, kami sedih melihat bahwa manfaat ini belum didistribusikan secara merata di antara basis pengguna global Anda.

Setiap platform mengoperasikan standar transparansi yang berfluktuasi dan seringkali sangat berbeda untuk negara yang berbeda. Sementara beberapa pengguna mendapatkan keuntungan dari melihat iklan politik di galeri penyimpanan iklan, yang lainnya tidak. Beberapa pengguna diberikan informasi mendetail tentang iklan politik, sedangkan yang lainnya tidak. Tidak ada alasan yang sah atau yang diungkapkan secara publik yang membenarkan perbedaan perlakuan ini.

Efek gabungan dari kebijakan yang tidak konsisten ini adalah terciptanya dua tingkat basis pengguna di dalam setiap platform, dengan kesenjangan regulasi yang lebar yang memisahkan antara yang memiliki dan yang tidak memiliki transparansi. Kami pertama kali menyoroti masalah ini pada tahun 2019. Meskipun beberapa kemajuan telah dilakukan sejak itu, kami kecewa untuk menyimpulkan bahwa kesenjangan transparansi masih ada. Transparansi online seharusnya tidak menjadi privilese dari sedikit orang, tetapi hak semua orang. Untuk itu, perubahan yang kami yakini perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat perluasan alat transparansi penuh ke semua negara dimana Anda beroperasi untuk memastikan bahwa semua negara mendapat manfaat dari tingkat transparansi yang sama
  • Mengembangkan, dan mempublikasikan, rencana tindakan yang menetapkan komitmen dan rentang waktu terkait untuk meluncurkan alat transparansi penuh secara global
  • Mengungkapkan rangkaian lengkap kriteria, baik terdahulu maupun saat ono, yang digunakan untuk memilih negara yang memenuhi syarat untuk standar transparansi yang lebih tinggi
  • Perubahan di atas, yang kami yakini adil dan wajar, hanyalah titik awal untuk mulai memperbaiki ketidaksetaraan yang diciptakan platform saat ini di antara penggunanya. Sebaliknya, manfaatnya meyakinkan: peningkatan standar transparansi bagi jutaan pengguna di seluruh dunia, dan peningkatan legitimasi iklan politik online demi pengambilan keputusan yang adil dan terinformasi oleh para pemilih.
  • Kami mendorong Anda untuk mengambil tanggung jawab sebagai dua platform paling berpengaruh dalam kampanye politik online, dan memberdayakan pengguna dan pemilih dengan transparansi iklan yang ditingkatkan.

 

Hormat Kami,

  • Access Now
  • Africa Freedom of Information Centre (AFIC)
  • Aliansi Jurnalis Independen/Alliance of Independent Journalists (AJI)
  • Amnesty International
  • ApTI
  • Article 19
  • Artículo 19 México y Centroamérica
  • Asociación Derechos Civiles
  • Asociación para una Ciudadanía Participativa, ACI Participa
  • Associação Data Privacy Brasil de Pesquisa
  • Asociación para el Progreso de las Comunicaciones (APC)
  • Association for International Affairs (AMO) in Prague
  • Association pour le Developpement Integré et la Solidarité Interactive (ADISI-C)
  • Citizen D
  • Centre for Independent Journalism Malaysia (CIJ-M)
  • Collaboration on International ICT Policy for East and Southern Africa (CIPESA)
  • Balazs Denes, Civil Liberties Union for Europe
  • Bytes for All (B4A)
  • Datos Protegidos
  • Defend Democracy
  • Dejusticia
  • Democracy Reporting International (DRI)
  • Derechos Digitales
  • Digital Rights Foundation
  • ELSAM
  • Electronic Frontier Finland
  • Electronic Frontier Norway
  • epicenter.works
  • EU Disinfo Lab
  • Fundación Acceso
  • Fundación Huaira de Quito-Ecuador
  • Fundación Internet Bolivia
  • Fundación Karisma
  • Freedom Forum
  • Free Media Movement (FMM)
  • Global Forum for Media Development
  • Global Witness
  • Hiperderecho
  • Homo Digitalis
  • Instituto Brasileiro de Defesa do Consumidor
  • InternetLab
  • Intervozes – Coletivo Brasil de Comunicação Social
  • IPANDETEC Centroamérica
  • Irish Council for Civil Liberties (ICCL)
  • Laboratorio de Datos y Sociedad (DATYSOC)
  • Media Foundation for West Africa (MFWA)
  • Media Institute of Southern Africa MISA- Zimbabwe
  • Media Matters for Democracy
  • Merit Legal Advocacy & Human Rights Initiative (MELAHRI)
  • OBSERVACOM
  • Paradigm Initiative (PIN)
  • Privacy International
  • R3D: Red en Defensa de los Derechos Digitales
  • SFLC.in
  • Stiftung Neue Verantwortung (SNV)
  • Sursiendo, Comunicación y Cultura Digital AC
  • TEDIC
  • The Tor Project
  • Unwanted Witness
  • Usuarios Digitales
  • Venezuela Inteligente
  • Who Targets Me
  • World Wide Web Foundation
  • Xnet