Regenerasi Badan Pelaksana ELSAM dan Tantangan Baru Penegakan HAM

Siaran Pers ELSAM

Regenerasi Badan Pelaksana ELSAM dan Tantangan Baru Penegakan HAM

Memasuki tahun baru 2021 Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) hadir dengan kepengurusan baru pada struktur Badan Pelaksana. Wahyudi Djafar yang sebelumnya bertugas sebagai Deputi Direktur Riset, mulai 1 Januari 2021 mendapat tugas baru sebagai Direktur Eksekutif untuk periode 2021-2025, menggantikan Wahyu Wagiman yang telah habis masa jabatannya (2016-2020). Secara umum Wahyudi akan melanjutkan kerja-kerja ELSAM yang telah dirintis dan dikembangkan sebelumnya, yang diawali oleh Abdul Hakim Garuda Nusantara (alm.), dilanjutkan oleh Ifdhal Kasim, I Gusti Agung Putri, Indriaswati Dyah Saptaningrum, dan Wahyu Wagiman. Namun demikian, tentu setiap periode dan setiap kepemimpinan memiliki permasalahan dan tantangan yang berbeda, serta direspon dengan pendekatan dan model yang berbeda pula.

Inisiatif awal lahirnya ELSAM pada tahun 1993, antara lain berangkat dari kegelisahan sejumlah aktivis organisasi masyarakat sipil saat itu, perihal strategi pembelaan bagi para korban pembangunan, dalam rezim pemerintahan otoritarian Orde Baru. ELSAM memilih untuk memulai strategi, dengan melakukan berbagai studi mengenai dampak pembangunan terhadap hak asasi manusia, dan melanjutkannya dengan advokasi kebijakan dalam rangka koreksi atas berbagai kebijakan pembangunan. Dari pijakan itulah ELSAM bergerak mengembangkan dirinya, melakukan banyak kajian, memproduksi berbagai pengetahuan. Keseluruhannya digunakan sebagai basis advokasi ELSAM, baik di jalur kebijakan, maupun pengadilan. Namun, dalam perjalanannya, kondisi politik telah membawa ELSAM untuk melakukan lebih banyak varian strategi dan kegiatan.

Pada perkembangannya, reformasi telah membawa suasana baru kehidupan berdemokrasi, yang mendorong juga tumbuh dan berkembangnya berbagai organisasi masyarakat sipil. ELSAM kemudian menetapkan dirinya untuk mengembangkan lembaganya sebagai pusat sumberdaya hak asasi. Menyediakan berbagai kebutuhan dalam rangka advokasi kebijakan yang berbasis hak asasi manusia, dari menyediakan hasil studi sampai dokumentasi proses dan implementasinya. Hal ini menekankan bahwa, seluruh kerja advokasi kebijakan, haruslah berbasiskan data dan pengetahuan.

Lebih jauh, situasi aktual hari ini telah mendorong ELSAM melakukan berbagai pembaruan dan inovasi strategi sekaligus juga diversifikasi isu yang digelutinya. Jika sebelumnya ELSAM hanya berfokus pada upaya mendorong pengesahan berbagai instrumen internasional HAM, mendorong penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM di masa lalu, pengarusutamaan HAM dalam pembaruan dan pembentukan kebijakan, serta pelindungan kebebasan sipil, maka hari ini ada sejumlah topik baru yang ditekuni ELSAM. Mulai dari memastikan integrasi HAM dalam operasi bisnis (korporasi), hingga memastikan adopsi HAM dalam pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Langkah ini juga sekaligus ingin memastikan pengembangan wajah dan wadah demokrasi di masa mendatang, yang identik dengan digitalisasi dan siber.

ELSAM juga menyadari betul dinamika dan perubahan yang cepat lanskap sosial, politik, dan ekonomi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir, termasuk situasi pandemi COVID-19 yang telah memaksa semua pihak untuk beradaptasi dan menyiapkan berbagai strategi baru pemulihan. Sebagai bagian dari upaya tersebut, ELSAM juga tengah menyiapkan pemutakhiran strategi kelembagaan, yang diharapkan pula dapat berperan dalam pemutakhiran strategi organisasi masyarakat sipil secara umum, dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan saat ini. Kami berharap, momentum pergantian badan pelaksana ELSAM ini, dapat menjadi awal yang baik untuk memulai berbagai upaya perubahan tersebut, dan nantinya dapat menjalankan agenda-agenda kerjanya secara lebih baik lagi, dalam memastikan penegakkan HAM dan demokrasi di Indonesia.

Jakarta, 4 Januari 2021

Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM),

Herlambang P. Wiratraman

Ketua Badan Pengurus

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Herlambang P. Wiratraman (Ketua Badan Pengurus ELSAM), telepon: 082140837025; atau Kamala Chandrakirana (Sekretaris Badan Pengurus ELSAM), telepon: 08161901932.