Peran Pengguna dan Penyedia Platform dalam Melindungi Data Pribadi

ELSAM, Jakarta—Berbagai kasus pelanggaran data pribadi di internet terus terjadi. Hampir tiap hari kita mendegar ada saja orang yang mengalami peretasan akun, dicuri datanya untuk penipuan, atau data pribadinya disebar di mendia sosial.

Berbagai bentuk pelanggaran tersebut dapat dicegah jika saja pengguna aplikasi dan penyedianya sama-sama menyadari pentingnya data pribadi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah dengan menahan diri untuk tidak membagi data pribadi secara berlebihan di dunia maya.

“Ketika kita diminta memasukkan data ke media sosial, sebisa mungkin jangan memasukkan data-data yang kurang relevan, misalnya alamat rumah, nama ibu kandung, atau nomor identitas tertentu. Dengan begitu, kita lebih melindungi diri kita ketika terjadi kebocoran data pribadi atau praktik-praktik serangan digital,” kata Peneliti ELSAM Shevierra Danmadiya, dalam diskusi yang diadakan ELSAM dengan Taman Metajuridika Universitas Mataram, Kamis (18/3/2021).

Kewaspadaan dan kehati-hatian pengguna ketika mengakses berbagai aplikasi tersebut bagaimanpun tidak banyak berarti tanpa disertai peran aktif dari penyedia platform. Salah satu peran platform terkait pelindungan data pribadi adalah menyediakan fitur persetujuan yang mudah dipahami sehingga pengguna paham apa saja yang akan dilakukan terhadap data pribadi mereka.

Terkait hal ini Peneliti Metajuridika M. Riadhussyah mengatakan, kebanyakan formulir persetujuan yang disediakan platform saat ini belum bisa dimengerti oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

“Saat ini, memang ketika kita akan menggunakan aplikasi, kita dimintai persetujuan. Masalahnya, untuk persetujuannya itu menggunakan bahasa Inggris, jadi hanya setuju-setuju saja namun sebenarnya kurang tahu apa yang telah disetujui,” kata Riadhussyah dalam kesempatan yang sama.

Tidak hanya itu, penyedia platform juga bertanggung jawab menjamin kemanan aplikasi yang mereka buat dan operasikan serta memiliki setelan bawaan yang melindungi data pribadi atau yang dikenal sebagai privacy by design dan by default.

Shevierra Danmadiyah

Diskusi kerja sama ELSAM dan Metajuridika dapat diakses melalui YouTube Perkumpulan ELSAM