Modul Pelatihan untuk Mendokumentasikan Isu-isu Perburuhan di Industri Perkebunan Sawit

Koalisi Buruh Sawit mencatat beberapa permasalahan-permasalahan utama yang dihadapi buruh perkebunan sawit, yakni: Beban Kerja Terlampau Tinggi, Target Tidak Manusiawi dan Munculnya Pekerja Anak, Praktik Upah Murah, Status Hubungan Kerja yang Rentan, Pengawasan Ketenagakerjaan Tumpul, Pemberangusan Serikat Buruh Independen, serta Ketiadaan Peraturan Khusus Pekerja/Buruh Perkebunan Sawit. Permasalahan secara spesifik dialami oleh buruh sawit perempuan. Dalam industri sawit, mereka kerap dianggap sebagai buruh kelas dua, sehingga banyak pelanggaran hak yang dialami buruh sawit perempuan, baik hak normative maupun hak-hak eksklusif seperti hak reproduksi.

Massifnya pembukaan lahan perkebunan sawit di Tanah Papua memang diperkirakan akan menyerap tenaga kerja yang cukup besar. Terbukanya peluang kerja di perkebunan sawit ini, selain nantinya diminati oleh masyarakat asli Papua, namun juga akan menjadi incaran orang yang berasal dari luar Papua. Penduduk non-Papua yang semakin mendominasi ini juga menjadi kekhawatiran sebagian pihak karena berpotensi akan menyebabkan konflik horizontal antara penduduk asli Papua dan penduduk non-Papua. Hal ini karena ruang-ruang ekonomi juga didominasi oleh penduduk non-Papua, termasuk pekerjaan-pekerjaan strategis di perkebunan sawit.

Dari sebagian permasalahan yang muncul di atas, tentunya membutuhkan intervensi yang berbeda bagi penguatan kelompok buruh sawit dengan wilayah lainnya. Permasalahan yang dihadapi buruh sawit di tanah Papua bukan hanya masalah yang terjadi di isu sektoralnya, namun juga berpotensi menghadapi konflik horizontal antara penduduk asli Papua dan penduduk non-Papua. Di sisi lain, tak banyak serikat buruh yang berhasil terbangun di tanah Papua hingga saat ini. Hal ini dikarenakan kesadaran akan hak-hak buruh, khususnya buruh sawit belum terbangun. Akibatnya pembangunan serikat buruh sebagai alat perjuangan untuk pemenuhan hak-hak buruh tidak banyak terealisasi. Ancaman PHK atau mutasi jika terlibat dalam serikat kerap membayangi kesadaran buruh-buruh yang bekerja di perkebunan sawit.

Modul pelatihan terkait pendokumentasian isu-isu perburuhan di sector perkebunan sawit ini hadir untuk memandu organisasi masyarakat sipil serta masyarakat pada umumnya dalam mendokumentasikan permasalahan perburuhan. Dari pendokumentasian tersebut harapannya akan ditemukan sebuah strategi baru untuk melakukan pengorganisasian bagi buruh-buruh perkebunan sawit, khususnya di Tanah Papua.

Download Modul