Mengadili Arus Bawah: Obeservasi Persidangan 124 Pendukung PDI Megawati

199709_BUK_Mengadili-Arus-Bawah--Observasi-persidangan-124-pendukung-PDI-Megawati_CFMengadili Arus Bawah: Obeservasi Persidangan 124 Pendukung PDI Megawati

Disusun oleh: Fahim Fachmi dan Amirudin
Kata Pengantar: Luhut MP Pangaribuan
Cetakan Pertama, September 1997
Penerbit: Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)

Buku ini adalah hasil observasi ELSAM atas persidangan terhadap 124 orang pendukung PDI Megawati. Ke-124 orang pendukung PDI Megawati itu diseret ke meja hijau karena dituduh melakukan tindak pidana “melukai orang lain” dan “tidak mengindahkan perintah aparat berwenang untuk membubarkan diri sehingga membentuk kerumunan”. Sementara pihak yang menyerbu dibiarkan pulang melenggang!

Hasil dari observasi yang termuat dalam buku ini sungguh membuat kita harus prihatin, seprihatin-prihatinnya. Betapa tidak, bukan hanya dari rantai pertama peradilan (mulai dari penangkapan) mereka didiskriminasi dengan pihak penyerbu tapi juga di dalam proses persidangan. Singkatnya mereka sebagai terdakwa tidak mendapatkan hak atas peradilan yang adil, sehingga bukan saja proses-proses penangkapan terhadap mereka dilegalkan tapi juga hak-hak seperti untuk didengar keterangan, menghadirkan saksi, dan fasilitas untuk menyiapkan pembelaan tidak terjelma dalam proses persidangan. Makanya sidang ini berubah menjadi ajang justifikasi bagi penangkapan-penangkapan yang tidak sah terhadap mereka tersebut. Buku ini dengan detail mengungkapkan fakta-fakta tersebut.

Untuk membaca buku ini, silakan klik unduh