Membuat Setiap Suara Punya Arti: Pemantauan Pemilihan Umum di Asia

CF_199702_BUK_Membuat-Setiap-Suara-Punya-Arti--Pemantauan-Pemilihan-Umum-di-ASIAMembuat Setiap Suara Punya Arti: Pemantauan Pemilihan Umum di Asia

Cetakan Pertama, Februari 1997

Desain Cover: Buldanul Khuri

Penerbit: Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)

Penerbitan buku mengenai pengalaman beberapa Panitia Pengawas Pemilu di berbagai negara Asia adalah salah satu cara untuk menegakkan hak-hak sipil dan politik. Penerbitan terjemahan ini berangkat dari kenyataan banyaknya pelanggaran hak-hak sipil dan politik warga setiap kali pemilu diadakan di Indonesia. Pelanggaran itu terjadi di seluruh tingkat proses pemilu. Pelanggaran-pelanggaran dan ketidakfairannya penyelenggara pemilu semakin meniadakan hak-hak sipil dan politik, yang seharusnya dilindungi oleh negara dalam setiap kali pemilu diadakan.

Arti penting buku ini adalah meniperikan informasi dan wawasan untuk melakukan pengawasan terhadap langkah-langkah dari berbagai proses pemilu yang akan dan sedang diadakan. Buku ini juga merekomendasikan dan mendorong para kelompok prodemokrasi untuk mendirikan sebuah badan yang bertujuan untuk mengawasi dan memantau berlangsungnya pemilu untuk mencegah kecurangan- kecurangan dan pelanggaran-pelanggaran. Badan pengawas ini juga diharapkan bertindak nonpartisan atau netral.

Kekayaan pengalaman beberapa negara Asia ini memberikan pelajaran sekaligus praktik nyata bagaimana pemilu diawasi. Selain itu buku ini juga memberikan jawaban dari pertanyaan, mengapa pemilu penting diawasi oleh lembaga netral. Cara-cara pengawasan pemilu yang dijalankan di beberapa negara Asia, seperti Filipina, Thailand, Kamboja dan lain-lain yang tersaji dalam buku ini perlu kiranya dikaji dan direnungkan untuk meningkatkan mutu pemilu Indonesia dewasa ini.

Untuk membaca buku ini, silakan klik unduh