Manual Pelatihan Training of Trainers Pembela HAM

Modul Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainers-ToT) dikembangkan sebagai bagian dari Kursus Dasar Pembela Hak Asasi Manusia. Kursus yang diselenggarakan oleh ELSAM (Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat) dan Peace Brigades International (PBI) ini bertujuan untuk membangun keterampilan Pembela Hak Asasi muda dalam melakukan pendokumentasian pelanggaran HAM dan advokasi.
Selama kursus dasar, para peserta menerima pengetahuan dan keterampilan yang dirangkum dalam lima modul yang berbeda. Lima modul tersebut terbagi dalam satu modul pengantar dan empat modul utama. Modul pengantar membahas tentang Komunikasi, Gender, Analisa Sosial dan materi-materi umum lainnya yang saling terkait dengan modul utama. Empat modul utama yaitu Modul Instumen Hak Asasi Manusia, Modul Pemantauan dan Dokumentasi, Modul Advokasi dan Modul Keamanan. Kursus dasar ini menggunakan teori serta dengan pendekatan praktis sebagai metode pembelajarannya.

Sedangkan Training of Trainer (ToT) ditujukan untuk membangun kapasitas para peserta agar dapat menyebarkan pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat keapda organisasi dan komunitas mereka. Metodologi yang digunakan dalam ToT ini didasarkan pada pembelajaran orang dewasa, di mana kita mengambil pengalaman, motivasi dan keterampilan dari para peserta sebagai pusat pembelajaran. Untuk itu, partisipasi aktif untuk berbagi pengalaman dari para peserta menjadi kunci keberhasilan dari pelatihan ini.

Karena ditujukan untuk meningkatkan keterampilan para peserta agar dapat memfasilitasi pertemuan atau pelatihan, maka memahami konsep pendidikan HAM serta teknik fasilitasi menjadi bagian utama dari pelatihan ini. Selain itu, memahami gaya belajar serta mengidentifikasi alat dan metode yang tepat juga menjadi pembahasan dalam pelatihan ini. Berbagai pembahasan tersebut akan disampaikan dalam berbagai bentuk, seperti diskusi, permainan, energizer, permainan peran dan kerja kelompok sehingga seluruh peserta akan ditantang dalam pembelajaran mereka. Dalam Training of Trainers ini, perbedaan gaya belajar para peserta dapat dilihat sebagai kekayaan yang dapat dimanfaatkan bersama.

Meskipun Training of Trainers ini dikembangkan sebagai bagian dari Kursus Dasar Pembela Hak Asasi Manusia, namun pelatihan ini juga dapat digunakan sebagai panduan yang berdiri sendiri.

Penyusunan modul Training of Trainers ini merupakan kerja sama antara ELSAM dan PBI. Namun modul ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa inspirasi dari beberapa orang yang pernah bekerja sama dengan ELSAM dan PBI, khususnya terkait dengan program kursus dasar pembela HAM. Untuk itu, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada (alm) Herizal Arifin, Rini Maghi, Delince Gobay, Adiani Viviana dan Ari Yurino

Baca lebih lanjut, klik Unduh