Kursus HAM Tingkat Lanjut untuk Pengacara 2014

Perkembangan saat ini menunjukkan bahwa entitas negara sudah tidak memiliki kekuatan sebesar sebelumnya. Saat ini ada kekuatan lain yang lebih besar dari negara, bahkan mampu mendominasinya, yaitu korporasi. Sayangnya, kasus-kasus pelanggaran HAM yang melibatkan korporasi ini kerap kali terjadi.

Sebagian besar kasus-kasus pelanggaran HAM ini ditangani alumni-alumni Kursus HAM ELSAM yang hingga saat ini masih bekerja sebagai pengacara HAM dan pengabdi bantuan hukum di berbagai wilayah di Indonesia. Cara-cara yang digunakan pun seringkali menggunakan pendekatan hukum dengan mekanisme yang sudah ada, seperti melalui jalur pengadilan, kampanye, dan penguatan korban.
Untuk memperkuat penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM tersebut, ELSAM berencana menyelenggarakan Kursus HAM Tingkat Lanjut yang secara khusus membahas Bisnis dan HAM. Kursus HAM Tingkat Lanjut ini akan mencoba mempromosikan dan menginformasikan perkembangan dan sejarah bisnis dan HAM; instrumen HAM yang berkembang saat ini terkait dengan Bisnis dan HAM; serta berbagai mekanisme yang dapat dijadikan mekanisme alternatif advokasi HAM. Kursus HAM Tingkat Lanjut ini diharapkan agar para alumni yang hingga saat ini masih bekerja sebagai pengacara HAM dan pengabdi bantuan hukum dalam melakukan advokasi di wilayahnya masing-masing dapat menggunakan seluruh instrumen dan mekanisme terkait Bisnis dan HAM.
Batas akhir pendaftaran : 30 November 2014
Proses seleksi : 1-2 Desember 2014
Pengumuman : 3 Desember 2014
Daftar Ulang : 3-10 Desember 2014
Pelaksanaan : 12-20 Januari 2015
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kursus HAM Tingkat Lanjut ini, silakan download Brosur Kursus HAM Tingkat Lanjut
Untuk mengikuti Kursus HAM Tingkat Lanjut ini, silakan download Form Pendaftaran