Kenapa Privasi dan RUU Pelindungan Data Pribadi itu Penting?

ELSAM, Jakarta—Peretasan akun, pencurian, dan penyalahgunaan data pribadi lainnya yang sering terjadi akhir-akhir ini membuat banyak orang khawatir. Pelindungan atas privasi semakin penting hari-hari ini.

Ketua Komnas HAM periode 2016-2017 Imdadun Rakhmat mengatakan, hak atas privasi terkait erat dengan kebebasan.

“Karena ia (hak atas privasi) berkaitan dengan hal primer dalam hidup manusia yaitu kebebasan, mencakup keleluasaan (seseorang), bebas dari kekhawatiran atau ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu,” kata Imdadun dalam diskusi bertajuk “RUU PDP: Perlindungan Hak atas Privasi dan Data Pribadi”, Jumat, 26 Februari 2021.

Dalam acara kerja sama ELSAM dan Dema Fisip UIN Jakarta itu Imdadun menegaskan bahwa pelindungan atas privasi merupakan prasyarat bagi terlindunginya kebebasan. Tanpa privasi, orang menjadi sulit untuk melakukan apa yang menjadi keyakinannya.

Hak seseorang atas privasinya bukan tidak dapat diganggu gugat. Meski demikian, pembatasan hak atas privasi baru bisa dilakukan dengan sejumlah syarat ketat, antara lain dilakukan berdasarkan hukum dan untuk tujuan yang dapat dipertanggungjawabkan. “Misalnya penyadapan yang dilakukan oleh KPK,” kata Imdadun.

Dalam kesempatan yang sama, Peneliti ELSAM Alia Yofira mengatakan, jaminan atas privasi memerlukan sebuah regulasi pelindungan data pribadi yang komprehensif.

Keberadaan undang-undang pelindungan data pribadi, saat ini masih dibahas di DPR, itu penting menurut Alia karena beberapa alasan.

Pertama, maraknya kasus kebocoran data yang terjadi di berbagai sektor, mulai dari e-commerce, pendidikan hingga kesehatan.

kedua, adanya penyalahgunaan data pribadi. Hal ini misalnya tampak dalam kasus yang dialami korban aplikasi pinjaman online (pinjol).

Ketiga, adanya ancaman peretasan akun dan intimidasi terhadap pembela HAM yang menyuarakan berbagai isu sensitif.

Dan keempat, maraknya pemrofilan pengguna internet untuk kepentingan komersial. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini kata Alia tidak hanya digunakan untuk mengiklankan produk tapi juga isu sosial dan politik.

Alia Yofira Karunian

Webinar “RUU PDP: Perlindungan Hak atas Privasi dan Data Pribadi” dapat diikuti melalui Youtube Perkumpulan ELSAM