Harmonisasi Regulasi Kesejahteraan Lansia Kota Surakarta

ELSAM, Surakarta – ELSAM bersama perwakilan dari organisasi perangkat daerah, Paguyuban Lanjut Usia, Kethoprak Srawuk Bersama (KSB), dan sejumlah akademisi Kota Surakarta menyelenggarakan diskusi kelompok terfokus tentang kesejahteraan lansia di Kantor Bappeda Surakarta, Kota Surakarta, Senin (21/10/2019).

Diskusi ini bertujuan dapat memberikan rekomendasi dan menjaring gagasan untuk penyempurnaan materi rancangan Peraturan Walikota Surakarta baru.

Sumilir Wijayanti dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Surakarta mengatakan, tindakan afirmasi bagi kelompok lansia masih memerlukan peraturan pelaksana dari peraturan daerah kesejahteraan lansia yang sebelumnya telah disahkan.

“Karena peraturan daerah ini relatif baru sehingga perlu dipersiapkan terkait dengan petunjuk operasional yang dalam hal ini adalah peraturan walikota baru,” ungkap Sumilir.

Diketahui, Pemerintah Daerah Kota Surakarta mengesahkan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia pada awal 2019 lalu.

Dalam pasal 7 Perda tersebut diatur secara eksplisit bahwa kesejahteraan lansia dilakukan melalui beberapa cara, yaitu (1) peningkatan upaya kesejahteraan sosial lansia, (2) pemberdayaan lansia, (3) pemberdayaan masyarakat, dan (4) pemberian penghargaan.

Sementara, pasal 35 perda tersebut memandatkan agar ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan peningkatan kesejahteraan diatur dalam peraturan walikota.

Penulis: Alia Yofira Karunian