ELSAM dan Ditjen Hak Asasi Manusia Lanjutkan Kerja Sama Pemajuan HAM

ELSAM, Jakarta—ELSAM dan Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia lanjutkan kerja sama pemajuan HAM.

Perjanjian Kerja Sama tentang Pemajuan dan Perlindungan HAM di Indonesia ditandatangani oleh Direktur Kerja Sama HAM Kemenkum HAM, Hajerati dan Wahyu Wagiman selaku Direktur Eksekutif ELSAM di kantor Dirjen HAM Kemenkumham RI pada Kamis (17/12/2020).

Wahyu Wagiman berharap kerja sama kedua pihak tesebut dapat meningkatkan pemajuan HAM, terutama yang dilakuka oleh ELSAM dan Ditjen HAM.

“Harapannya juga komitmen ini dapat dapat memberikan inspirasi bagi lembaga lain untuk mengawal proses perlindungan dan pemajuan HAM di Indonesia. Kita sudah banyak instrumen HAM, tinggal bagaimana mengelola dan melaksanakan secara bertahap,” kata Wahyu.

Direktur Kerja Sama Hak Asasi Manusia, Hajerati, menyambut baik kelanjutan dari kerja sama tersebut.

Diketahui, kerja sama antara ELSAM dan Ditjen HAM pertama kali dilakukan pada 2 Oktober 2018. Beberapa target sasaran dari kerja sama itu meliputi pelibatan masyarakat sipil dalam rencana aksi nasional hak asasi manusia (RANHAM), serta yang terbaru ialah pengarusutamaan isu dan konsep “Bisnis dan HAM” di Indonesia”.

Penulis: Vita Yudhani