PULIH-EMBRACE Hadirkan Alternatif Penyelesaian Sengketa di Perkebunan Kelapa Sawit
Peserta dan fasilitator pelatihan PULIH-EMBRACE Medan.

PULIH-EMBRACE Hadirkan Alternatif Penyelesaian Sengketa di Perkebunan Kelapa Sawit

Selasa, 30 Jan 2024

ELSAM menggelar pelatihan PULIH-EMBRACE untuk masyarakat sipil terdampak perkebunan kelapa sawit di Medan, Sumatera Utara pada 28 November—1 Desember 2023.  Pelatihan diikuti oleh 15 peserta dari berbagai dampingan organisasi masyarakat sipil (OMS) yang banyak mengadvokasi isu perkebunan sawit di Sumatera Utara.  

Pelatihan PULIH-EMBRACE Medan dilakukan untuk menghasilkan pemetaan sengketa perkebunan sawit yang mutakhir sehingga dapat teridentifikasi pola dan penyebab sengketa serta aktor yang terlibat. Berdasarkan pemetaan ini diharapkan akan tersusun pilihan strategi alternatif menyelesaikan sengketa, khususnya melalui mekanisme internal perusahaan dan mekanisme penanganan pengaduan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Sepanjang empat hari peserta mempelajari materi terkait pemulihan hak warga terdampak perkebunan sawit. Materi pelatihan dimulai dengan mengenalkan hak-hak korban pelanggaran HAM yang dilakukan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan bagaimana mengadvokasi hak-hak yang dilanggar.

Selain itu, materi juga diperdalam dengan penguatan advokasi pelanggaran HAM di perkebunan kelapa sawit. Melalui pemetaan sosial, peserta berdiskusi mengenai dampak dan dugaan pelanggaran HAM, aktor yang terlibat, dan mitigasi dampak operasional perkebunan kelapa sawit. 

Serial pelatihan yang didukung oleh RSPO ini berlangsung mulai Agustus 2023 hingga Januari 2024. Penyelenggaraan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas OMS pendamping dan komunitas terdampak perkebunan sawit dalam mengakses mekanisme pemulihan. Direncanakan, pelatihan akan dilakukan sebanyak lima kali di tiga wilayah, yaitu Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Setelah Medan, pelatihan selanjutnya akan dilaksanakan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pada Januari 2024.


 

A R T I K E L T E R K A I T

Senin, 5 Jun 2017
ELSAM, Jakarta- Bersamaan dengan semakin berkembangnya gerakan Kota Hak Asasi Manusia secara global, Pemerintah Indonesia mulai...
Selasa, 17 Des 2019
Siaran Pers ELSAM Perlunya Akselerasi Pembahasan RUU Pelindungan Data Pribadi: Progres dan Tantangan
+