Aceh-Papua: Pelanggaran HAM di tengah Investasi

AS4507-2016Aceh-Papua: Pelanggaran HAM di tengah Investasi

Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Indriaswati Dyah Saptaningrum

Redaktur Pelaksana: Widiyanto

Dewan Redaksi: Widiyanto, Indriaswati Dyah Saptaningrum, Otto Adi Yulianto

Redaktur: Ikhana Indah, Betty Yolanda, Indriaswati DS, Otto Adi Yulianto, Triana Dyah, Wahyu Wagiman, Wahyudi Djafar, Andi Muttaqien, Ester Rini Pratsnawati, Paijo

Sekretaris Redaksi: Triana Dyah

Sirkulasi/Distribusi: Khumaedy

Desain & Tata Letak: alang-alang

Penerbit: Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)

ASASI Aceh-Papua: Pelanggaran HAM di tengah Investasi membahas tentang kekerasan yang terjadi selama tahun 2010. Setidaknya terjadi 99 peristiwa yang berhasil direkam yang melibatkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh polisi, 40 tindakan kekerasan terhadap kelompok minoritas. Catatan itu juga merujuk sebanyak 30 kasus penyiksaan yang terjadi dalam proses penyidikan, 32 kasus penganiayaan, dan 16 kasus kekerasan yang melibatkan polisi yang dilaporkan ke KOMNAS HAM. Seperti sebuah gunung es, jumlah tersebut hanyalah pucuknya. Jumlah kasus pelanggaran hak asasi manusia sesungguhnya sangat mungkin jauh melebihi angka yang berhasil dicatat dan terlaporkan.

Tak ada cara lain memutus rantai keberlangsungan ini selain menagih Pemerintah untuk berhenti menghindar dari tanggung jawab, mengambil langkah penting untuk menghadapi catatan narasi kekerasan itu dan memulihkan apa yang menjadi hak dari para korban.

Untuk membaca lebih lanjut, silahkan unduh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *