Wahyudi Djafar
Deputi Direktur Riset

Wahyudi Djafar adalah salah satu Peneliti di ELSAM, sekaligus Deputi Direktur Riset ELSAM.

Dia memfokuskan diri pada topik kebebasan berekspresi, hak atas privasi dan reformasi sektor keamanan. Wahyudi juga mendalami isu konstitusionalisme dalam konteks perlindungan hak asasi manusia.

Dalam keseharian dia banyak menangani perkara pengujian undang-undang di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk isu-isu yang bersinggungan dengan hak asasi manusia.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, sebelum bergabung dengan ELSAM, pernah menjadi Peneliti di Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN), serta Peneliti pada Center for Democracy and Human Rights Studies (Demos). Selain itu, ia juga banyak mengerjakan penelitian untuk beberapa lembaga, baik negara maupun non-pemerintah. Saat ini dia juga tercatat sebagai Associate Researcher pada Institute for Criminal Justice Reform (ICJR).

Pernah mengikuti International Military Course on the Law of Armed Conflict, International Institute of Humanitarian Law, 2014; Human Rights Tools Box for Practising Lawyer on Internet Freedom, RWI-MSA, 2014; International Visitor Leadership Program (IVLP) US Department of State, 2014, dan aktif dalam berbagai pertemuan internasional, untuk topik-topik internet dan kebebasan berekspresi, serta keamanan.

Publikasinya dapat dijumpai dalam beberapa jurnal ilmiah dan media massa. Tulisan-tulisan Wahyudi Djafar selengkapnya dapat dikunjungi di http://wahyudidjafar.web.id/.