Miftah Fadhli salah satu peneliti muda ELSAM yang meminati studi hak asasi manusia di Asia Tenggara khususnya yang berkaitan dengan dampak kebijakan terhadap penikmatan secara penuh kebebasan berekspresi bagi kelompok minoritas.

Di organisasi sebelumnya, Demos Indonesia, dia meneliti aktor politik lokal dalam memperjuangkan hak politik partisipatifnya dalam proses pembuatan kebijakan lokal dengan membentuk blok politik demokratik. Dia bergabung dengan ELSAM pada awal tahun 2015 di mana dia memperoleh pemahaman mengenai tata kelola internet dalam rangka mewujudkan kebebasan berekspresi dan perlindungan terhadap hak atas privasi. Dia juga mendalami isu keadilan transisional dalam rangka mengadvokasi proses penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu.

Dia secara konsisten menerapkan metode sosio-legal dalam melakukan kerja-kerja advokasi dan penelitian. Tahun 2014, dia menyelesaikan studi S1 di bidang Hukum, Masyarakat dan Pembangunan pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tulisan-tulisannya mengenai kebebasan berekspresi pernah dimuat di The Jakarta Post, Kompas dan Seputar Indonesia.