Indriaswati Saptaningrum, adalah salah satu peneliti senior di ELSAM. Sebelumnya dia menjabat sebagai Direktur Eksekutif ELSAM untuk Periode 2010-2015.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), ini sebelum bergabung dengan ELSAM, pernah bekerja di beberapa lembaga, di antaranya sebagai peneliti freelance di LBH Asosiasi Pengacara Indonesia untuk Keadilan (APIK), staf legal di Indonesian Corruption Watch (ICW), dan sebagai Koordinator Riset dan Pengembangan Pusat Studi REALINO-Yogyakarta.

Indri mendapatkan gelar Master dalam Law in Development dari Warwick University, UK (2005), dan saat ini tengah menempuh pendidikan doktoral (Ph.D) pada University New South Wales (UNSW), Australia. Dia juga pernah berpartisipasi dalam International Human Rights Training Program, yang diselenggarakan oleh Equitas, Canada; Short Course on Thailand Senatorial Election Monitoring dan Thai Studies Program di Universitas Thammasat, Thailand.

Selama di ELSAM, Indri banyak terlibat dalam berbagai program reformasi hukum dan kelembagaan, serta advokasi hak asasi manusia, termasuk pengarusutamaan hak asasi manusia dalam proses pembuatan kebijakan di tingkat nasional dan lokal, penelitian advokasi, penelitian hukum dan HAM.