Rini Prasnawati merupakan staf ELSAM yang mendedikasikan diri sebagai pendamping korban pelanggaran HAM, khususnya pelanggaran HAM yang berat masa lalu. Dia banyak terlibat dalam kegiatan penguatan dan pemberdayaan korban, termasuk ekonomi. Rini secara tekun mendampingi korban di dalam upaya mendapatkan akses keadilan dan pemulihan dari negara.

Sebelum bekerja di ELSAM, ia bekerja sebagai staf finansial GKI Coyudan, Solo, dan sebagai staf Pembukuan dan Audit Internal CV Sinar Utama Bekasi. Di ELSAM, Rini memiliki pengalaman panjang dalam pengelolaan keuangan lembaga, dia juga pernah berpartisipasi dalam beragam training keuangan yang diselenggarakan oleh EED, BSP Kemala, dan REMDEC.

Saat ini Rini aktif terlibat dalam pemberdayaan korban terutama korban perempuan melalui Lingkar Tutur Perempuan bekerjasama dengan Komnas Perempuan dan Syarikat Indonesia, Koperasi Korban “Gemah Ripah”, serta secara intents terlibat dalam gugus kerja penguatan korban di KKPK (Kelompok Kerja Pengungkapan Kebenaran).