Ari Yurino
Staf Advokasi Hak Asasi Manusia

Ari Yurino saat ini bertanggung jawab sebagai pelaksana program informasi dan dokumentasi di ELSAM.

Sebelum bergabung dengan ELSAM pada 2011, lulusan Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia (YAI) ini, sempat bergabung di Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI), sebagai Staf Kampanye dan Advokasi, sekaligus konselor bagi korban dan keluarga korban pelanggaran HAM di Indonesia.

Pada 2009 menjadi wakil koordinator bidang Investigasi dan Advokasi di KontraS Aceh, serta pada 2011 sebagai Focal Point Asian Federation Against Involuntary Disappearances (AFAD) untuk Indonesia. Selama ini tergabung juga sebagai peneliti di Institut Kajian Krisis & Strategi Pembangunan Alternatif (InKrispena).

Ari seringkali terlibat dalam advokasi serta memfasilitasi pendidikan dan diskusi di kelompok buruh, petani, korban penggusuran serta anak-anak muda. Sempat mengikuti berbagai pelatihan, seperti Workshop of Psychosocial Service for Human Rights Victims in Asia tahun 2009 di Philipina, dan Reclaiming Stolen Lives: Conference on Forensic Science and Investigation of Human Rights yang diadakan oleh EAAF dan AFAD pada 2010.

Ia juga aktif menggalang partisipasi anak-anak muda, terutama pelajar SMU dan mahasiswa, untuk terlibat dalam kampanye penuntasan kasus pelanggaran HAM melalui sebuah organisasi Jaringan Sahabat Korban (JSK), dengan melakukan pendidikan HAM di SMU dan Universitas.