Adiani Viviana
Staf Advokasi Hak Asasi Manusia

Adiani Viviana merupakan salah satu pengacara publik di ELSAM yang juga memiliki ketrampilan untuk melakukan berbagai kemitraan dengan lembaga hukum dan hak asasi manusia.

Dia menyelesaikan pendidikan sarjana hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Sebagai alumni dari Karya Latih Bantuan Hukum (KALABAHU) LBH Jakarta, Diani banyak berpengalaman dalam kerja-kerja penanganan kasus hukum. Dia mendapatkan sertifikasi advokat dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Sebelum bergabung dengan ELSAM, Diani adalah salah satu advokat pada LBH Pers Jakarta. Selama di ELSAM, Diani banyak bersentuhan dengan topik Kebebasan Beragama/Berkeyakinan (KBB), khususnya dalam upaya peningkatan kapasitas hakim dalam penanganan kasus berdimensi KBB. Dalam upaya ini, Diani secara intensif menjalin kemitraan dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia, guna mengintegrasikan kurikulum KBB dalam kurikulum pendidikan hakim. Selain di ELSAM, Diani juga tercatat sebagai salah satu Associate Researcher pada Institute for Criminal Justice Reform (ICJR).