IGF 2018: Mencari Solusi Meningkatkan Kepercayaan terhadap Internet

Paris, ELSAM — Perkembangan pesat teknologi telah membuka banyak peluang baru bagi banyak aspek kehidupan. Di sisi lain, perkembangan teknologi juga memicu munculnya banyak permasalahan baru.

Hal itu menjadi sorotan dalam Pertemuan Tahunan ke-13 Internet Governance Forum (IGF) yang berlangsung di Paris pada 12-14 November 2018 lalu.

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengungkapkan keprihatinannya tentang pemanfaatan internet yang negatif.

“Hari ini, internet lebih banyak digunakan oleh para ekstrimis. Internet lebih banyak digunakan untuk ujaran kebencian atau penyebaran konten teroris, daripada hal baik lainnya. Inilah kenyataan dan kita harus menghadapinya,” ungkap Macron dalam pidato pembuka IGF.

Karena alasan itu Pemerintah Perancis kata Macron memberikan perhatian lebih pada masalah  perlindungan data, pengaturan konten, stabilitas, dan keamanan ruang siber, selain menjadikan internet sebagai sarana untuk mendorong kreativitas, penemuan, dan pengembangan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal PBB António Guterres menekankan pentingnya mencari solusi untuk meningkatkan kepercayaan terhadap internet.

“Selama tiga hari kedepan, saya mendorong Anda untuk fokus terutama pada solusi inovatif yang dapat meningkatkan kepercayaan terhadap internet. Ada banyak risiko digital, tetapi beberapa di antaranya dapat diubah menjadi digital opportunities,” ungkap Guterres.

Masalah kesenjangan akses terhadap teknologi digital juga menjadi sorotan Guterres. Dia mendorong agar forum memikirkan masalah inklusi digital salah satunnya bagi penyandang disabilitas.

“Saya mendorong diskusi digital Anda untuk bergerak melampaui apa yang disebut usual suspects. Pertumbuhan digital mempengaruhi semua orang, dan suara yang secara tradisional tidak terdengar dan terpinggirkan harus lebih terdengar dalam kerja IGF,” imbuhnya.

IGF mempertemukan banyak orang dari berbagai kelompok pemangku kepentingan untuk mendiskusikan sejumlah isu berkaitan dengan pemanfaatan internet. Isu-isu tersebut terbagi ke dalam delapan tema inti, yakni (1) Kemanan Siber, Kepercayaan, dan Privasi; (2) Inklusi Digital dan Aksesibilitas; (3) Emerging Technologies; (4) Evolusi Tata Kelola Internet; (5) Hak Asasi Manusia, Gender dan Pemuda; (6) Pengembangan, Inovasi dan Masalah Ekonomi; (7) Media dan Konten; dan (8) Topik Teknis dan Operasional.[]

Penulis : Alia Yofira Karunian

Comments

share on:

Leave a Response