Mewujudkan Kabupaten Gunung Kidul Ramah Lansia

 

ELSAM-Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten dengan penduduk lansia tertinggi di Provinsi DI Yogyakarta dengan jumlah lansia lebih dari 7%. Persoalan lansia di Kabupaten Gunung Kidul juga variatif dan cukup kompleks mulai dari angka penduduk lansia terlantar yang jumlahnya mencapai lebih dari 18.000 penduduk hingga banyaknya kasus lansia bunuh diri. Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul berencana untuk membuat kebijakan tentang kesejahteraan lansia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduk lansia di Gunung Kidul.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPM&D) menyelenggarakan diskusi kelompok terfokus Penyusunan Kebijakan Ramah Lansia di Kabupaten Gunung Kidul dalam rangka mewujudkan komitmen pemerintah kabupaten dalam mewujudkan daerah ramah lansia yang termaktub dalam Deklarasi Yogyakarta 2012. Kegiatan ini difasilitasi oleh Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) dan Forum Pendidikan dan Perjuangan HAM (Fopperham). Sejumlah pemangku kepentingan Kabupaten Gunung Kidul hadir antara lain Dinas Sosial, Dinas Kesheatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bappeda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Komisi Daerah DI Yogyakarta.

Dinas Sosial mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Gunung Kidul sudah memiliki Komisi Daerah Lansia yang disahkan melalui Surat Keputusan Bupati. Hanya saja, Komda Lansia Gunung Kidul memang belum bekerja secara optimal.

Pada kesempatan lain, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengatakan bahwa masalah lansia di Kabupaten Gunung Kidul dapat diatasi apabila penduduk lansia sudah memiliki Kartu Keluarga dan KTP.

“Saat ini, lebih dari 2% penduduk belum mendapatkan KTP dan KK dan sebagian besar di antaranya adalah penduduk lansia.” Ujar perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gunung Kidul.

Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sudah memiliki sejumlah program yang berkait-erat dengan kebutuhan penduduk lansia. Program-program tersebut antara lain Puskemas Santun Lansia, Gebyar Lansia, Bina Keluarga Lansia, dan Program Kabupaten Sehat.

Hal terpenting adalah adanya kelembagaan lansia yang memiliki fungsi sebagai koordinator antar instansi yang memiliki layanan lansia. Untuk mempercepat proses implementasi daerah ramah lansia, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sepakat untuk menyusun rancangan Peraturan Bupati Kesejahteraan Lansia yang bertujuan untuk mensinkronisasikan program-program lansia yang ada di organisasi perangkat daerah.

Penuis : Miftah Fadhli

 

Comments

share on:

Leave a Response