The 10th ANNI Regional Consultation : Babak Baru Advokasi Institusi Nasional Hak Asasi Manusia

anni

ELSAM, Korea Selatan – The Asian NGOs Network on National Human Rights Institutions (ANNI) kembali mengadakan acara rutin tahunan bersama mitranya. Kali ini pertemuan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Maret 2017 di Seoul, Korea Selatan. Dengan 25 peserta yang hadir dalam acara tahunan tersebut, pertemuan ini fokus membahas perkembangan hak asasi manusia termasuk mendiskusikan tantangan dan strategi advokasi tiap lembaga.

Diskusi ini dilaksanakan selama dua hari degan melibatkan Korean House for International Solidarity (KHIS) dalam proses konsultasi kelembagaan. Diawali dengan berbagi perkembangan mengenai hak asasi manusia, situasi dan pelanggaran serta perkembangan mengenai Institusi Nasional Hak Asasi Manusia atau National Human Rights Institutions (NHRI) di masing-masing negara. Termasuk intervensi anggota ANNI dalam mengatasi masalah kronis. Selanjutnya terdapat diskusi terkait pengembangan strategi advokasi dan tindakan untuk pembentukan dan peningkatan kerja dan fungsi Institusi Nasional Hak Asasi Manusia di Asia.

Pada hari kedua, para peserta mengawali kegiatan dengan diskusi kelompok sesuai regional untuk membahas perkembangan fungsi dan pengelolaan ANNI yang lebih efektif sebagai jaringan melalui Komite Penasihat ANNI. Saat ini, ANNI hanya memiliki dua orang anggota Komite Penasehat, jumlah tersebut dirasa peserta kurang sehingga perlu menambah anggota. Setiap kelompok regional mengusulkan dua orang nama calon yang kemudian akan dicalonkan menjadi anggota Komite Penasehat. Selanjutnya pembahasan berlanjut untuk memutuskan kerangka kerja, pedoman dan jadwal untuk Laporan ANNI tahun 2017. Para peserta bersama panitia bersama-sama mengunjungi NHRI Korea Selatan sebagai agenda penutupan acara.

Penulis : Sekar Banjaran Aji

share on:

Leave a Response