Eksaminasi Publik terhadap Perkara Penodaan Agama dengan Terdakwa Khairuddin alias Udin Di Pengadilan Negeri Lubuk Pakam: Penjara Untuk Yang Berbeda?

COVER buku Eksaminasi cetak_CF

COVER buku Eksaminasi cetak_CFPenjara Untuk Yang Berbeda?

Hasil eksaminasi publik ini menunjukkan bahwa pengadilan sebagai institusi penegak hukum masih menjadi arena penghukuman atas kepercayaan atau keyakinan seseorang. Pengadilan sebagai benteng terakhir bagi pencari keadilan telah gagal memberikan keadilan kepada minoritas korban. Salah satu penyebabnya, karena masih digunakannya pasal 156a huruf a Kitab Undang-undang Hukum Pidana sebagai alat kriminalisasi keyakinan.

Melalui eksaminasi publik ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan sekaligus renungan bagi masyarakat Indonesia, khususnya aparat penegak hukum dan Pemerintah di dalam menangani dan mengadili kasus-kasus berdimensi agama atau keyakinan. Sehingga, buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan mengenai mengadili kasus-kasus berbasis agama atau keyakinan, sekaligus sebagai hasil studi kritis terhadap penerapan pasal 156a Huruf a KUHP yang menjadi alat kriminalisasi keyakinan.

Untuk membaca buku ini, silakan klik unduh

share on:

Leave a Response