ASASI Edisi Maret - April 2014: Rekam Jejak Calon Presiden dan HAM

ASASI_2014_Maret-April_cover

ASASI_2014_Maret-April_coverEDITORIAL
Apa yang bisa kita pelajari baik dari hasil Pemilu legislatif (Pileg) 2014 maupun hingar-bingar menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang? Dari Pileg lalu kita bisa belajar bahwa, meski sangat mendasar dan menyangkut hajat hidup setiap warga, ternyata persoalan hak asasi manusia (HAM) bukanlah primadona yang diusung baik oleh para calon legislatif (Caleg) maupun partai politik peserta Pemilu dalam agendanya.

LAPORAN UTAMA
Platform HAM Para Calon Presiden
Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif yang merata ke 12 partai peserta Pemilu nasional, bisa menghasilkan tiga calon presiden. Perkiraan sementara, para calon presiden diajukan oleh koalisi di bawah pimpinan PDI Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, dan Partai Gerindra. Ketiga partai itu sudah menetapkan calon presidennya, yakni Joko Widodo atau Jokowi (PDIP), Aburizal Bakrie (Partai Golkar), dan Letjen (Purn) Prabowo Subianto (Partai Gerindra).

Rekam Jejak HAM Para Calon Presiden
Prabowo Subianto adalah calon Presiden yang sulit dibebaskan dari rekam jejak pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang gelap di masa silam. Aburizal Bakrie dianggap melakukan pelanggaran HAM terhadap warga Sidoarjo karena penambangan gas PT Lapindo Brantas, perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Bakrie, menyemburkan lumpur hingga menggenangi ribuan hektar tanah dan rumah penduduk sekitar.Sementara Jokowi adalah pendatang baru yang tidak memiliki jejak pelanggaran HAM, kecuali persinggungannya dengan Komnas HAM dan penduduk yang digusurnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.Berikut ini merupakan rekam jejak para calon presiden yang akan berlaga di Pemilihan Presiden 9 Juli 2014 mendatang.

Agenda HAM yang Harus Dilakukan Presiden Terpilih
Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, dan Aburizal Bakrie kemungkinan besar akan maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden, Juli 2014 mendatang. Jokowi diajukan oleh PDI Perjuangan dan partai-partai pendukungnya, Prabowo Subianto diajukan oleh Koalisi Partai Gerindra, dan Aburizal Bakrie diajukan oleh Koalisi Partai Golkar.

NASIONAL
Menakar HAM dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional
Konsep dan model pembangunan di Indonesia bukan sebuah barang baru yang diimplementasikan di ranah publik. Berbagai eksperimentasi model pembangunan dilakukan oleh rezim yang terus berganti. Strategi pembangunan juga diubah seiring kehendak rezim. Kita pernah mengenal Garis Besar Haluan Negara, Pembangunan Lima Tahun atau yang sekarang dijalankan, yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional/Daerah. Tetapi, model-model tersebut sampai saat ini gagal menjawab amanat konstitusi yaitu mensejahterakan kehidupan bangsa.

DAERAH
RUA Koperasi Gemah Ripah: Koperasi Penyintas untuk Memperkuat Perjuangan Korban
Pertemuan anggota koperasi ini bertujuan untuk memperkuat tali persaudaraan antar anggota, hal ini sangat penting bagi keluarga korban, agar tidak terputus informasi tentang usaha pencarian keadilan yang terus diusahakan.

INTERNASIONAL
Sidang Indonesia pada Komite Ekosob PBB dan Keterlibatan Masyarakat Sipil
Komite Ekonomi, Sosial, dan Budaya (Komite Ekosob) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) meninjau pelaksanaan Konvensi Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya di Indonesia pada tanggal 30 April-1 Mei 2014 di Jenewa, Swiss. Sidang ini membahas laporan Pemerintah dan masyarakat sipil, termasuk pula jawaban terhadap List of Issues (LoI).Tulisan singkat ini mengulas langkah dan proses advokasi masyarakat sipil di tingkat nasional dan internasional, terutama sebelum Sidang di Jenewa dan pada saat prosesnya.

RESENSI
Jaminan Kesehatan Gratis Berbasis Pajak: Belajar dari NHS Inggris
Perjuangan mewujudkan NHS adalah salah satu contoh bagaimana tekad politik yang kuat bisa mewujudkan apa yang awalnya terlihat “tidak realistis” menjadi kenyataan. Aneurin Bevan dan pemerintahan Partai Buruh Inggris tetap optimis memajukan NHS, sekalipun menghadapi oposisi dari berbagai kalangan serta situasi ekonomi dan infrastruktur kesehatan yang buruk pasca Perang Dunia II.

Untuk mendapatkan buletin ASASI edisi Maret – April 2014, silakan download

share on:

Leave a Response